Blog

Lowongan Kerja Teknik Sipil di MIGAS

 

 

Rekan-rekan Teknik Sipil, bukan sekali dua kali saya ditanya oleh alumni teknik sipil, apakah teknik sipil bisa masuk ke perusahaan Migas?

Jawabnya tentu saja sangat bisa, karena teknik sipil sangat berperan dalam menyiapkan infrastruktur kilang minyak dan anjungan lepas pantai. Bila anda melihat kilang minyak, terlihat banyak struktur baja untuk menopang pipa, tower, tabung-tabung proses, siapa yang merancang dan membangunnya?  Tentu teknik sipil.

Di area kilang minyak, terdapat ratusan mesin, tanki dll yang memerlukan pondasi, tentu teknik sipil lah yang paling kompeten untuk merancang dan membangunnya.

Selain itu, bila anda melihat anjungan lepas pantai, semua struktur terbuat dari baja, teknik sipil lah yang merancang, dan membangun dan memasangnya di tengah laut.

Jadi banyak posisi karir untuk teknik sipil di sektor Migas, namun sebelum melamar, anda diharapkan sudah bisa merancang struktur-struktur migas di atas agar berpeluang lebih besar.

Berikut sebagian posisi karir untuk Teknik Sipil di Migas

ONSHORE STRUCTURE ENGINEER (darat)

Lulusan Teknik sipil dapat berkarir di perusahaan  Migas jenis EPC (Engineering Procurement Construction) untuk proyek-proyek perencanaan fasilitas migas (onshore). Salah satunya sebagai OHSHORE STRUCTURE ENGINEER. Mereka bertugas untuk mendesain infrastruktur dan struktur migas (umumnya struktur baja), pondasi serta fasilitas bawah tanah (under ground).

Untuk menjadi ONSHORE STRUCTURE ENGINEER , anda diharapkan memiliki keahlian untuk menganalisa struktur baja (umumnya menggunakan STAAD Pro) dan pondasi beton untuk tanki, vessel, tower dll sesuai kaidah desain AISC, UBC, dan API . Untuk mendapatkan keahlian ini, anda dapat mengikuti training pada link  berikut:

KLIK TRAININGNYA DISINI  : Training Onshore Structure Engineer

OFFSHORE STRUCTURE ENGINEER (Bangunan Lepas Pantai)

Selain di proyek engineering Oil & Gas di darat, teknik sipil dapat juga berkarir sebagai  Offshore Structure Engineer melakukan analisa struktur fasilitas oil gas untuk di laut (offshore).

Mereka bertugas melakukan analisa struktur dan membuat gambar detail suatu fasilitas oil gas. Untuk struktur anjungan oil gas di lepas pantai (offshore), jenis analisa yang harus dibuat antara lain :

  • Load Out Analysis = analisa saat struktur diseret dari dermaga menuju kapal pembawa
  • Transpotation Analysis = analisa saat struktur dibawa oleh kapal pembawa
  • Lifting Analysis = analisa saat struktur diangkat untuk ditempatkan ke jacket frame
  • Inplace Analysis = analisa struktur saat cuaca normal dan badai
  • Seismic Analysis = analisa struktur saat terjadi gempa (dinamic)

Untuk menjadi Offshore Structure Engineer,dapat dimulai dengan mengikuti training Offshore Structure Design untuk mempelajari 5 analisa di atas.

KLIK TRAININGNYA DISINI : Training Offshore Structure Engineer

OFFSHORE INSTALLATION ENGINEER

Offshore Installation Engineer adalah orang yang bertanggung-jawab memasang anjungan minyak lepas pantai (deck platform & jacket) mulai dari memuat ke kapal pembawa/barge (Load Out), membawanya ke lokasi di laut (Transportation), mengangkat dengan kapal crane (Lifting), memasang (Installation) dll.

Offshore Installation Engineer adalah orang yang bertanggung-jawab memasang anjungan minyak lepas pantai (deck platform & jacket) mulai dari memuat ke kapal pembawa/barge (Load Out), membawanya ke lokasi di laut (Transportation), mengangkat dengan kapal crane (Lifting), memasang (Installation) dll.

Pekerjaan ini sangat kompleks dan beresiko tinggi, sehingga saat ini gaji Offshore Installation Engineer masih memegang rekor tertinggi untuk standar gaji di EPC, yaitu sekitar Rp 70 sd 100 jt/bulan untuk orang lokal, dan USD 20.000-30.000/bulan untuk Expatriate.

Di luar negeri training ini sangat mahal, sekitar USD 4000 di Canada, sehingga tidak banyak orang Indonesia yang menjadi Offshore Installation Engineer.

Untuk menjadi Offshore Installation Engineer dapat dimulai dengan training Offshore Installation Engineer di lembaga kami

KLIK TRAININGNYA DISINI  : Training Offshore Installation Engineer

Ilmu dalam training akan menjadi modal anda melamar sebagai Offshore Installation Engineer di perusahaan EPC Migas seperti Mc Dermott, Saipem, Subsea 7. Bila sudah senior berkesempatan besar bekerja di luar negeri dengan gaji mencapai USD 30.000/bulan.

Training ini akan dipandu oleh satu dari sedikit orang Indonesia yang berhasil menjadi Offshore Installation Manager, sehubungan beliau bertugas di luar negeri maka jadwal training hanya dilakukan saat beliau sedang cuti di Indonesia. Untuk itu jangan sia-siakan kesempatan ini.


LIFTING/RIGGING ENGINEER

Di area kilang minyak terdapat banyak alat proses, mesin yang berbobot puluhan hingga ratusan ton. Saat proses konstruksi, benda tersebut harus diangkat oleh heavy crane dan di posisikan dikoordinat yang ditetapkan. Pekerjaan ini beresiko tinggi, sehingga harus memperkerjakan tenaga ahli khusus yang dinamakan Lifting/Rigging Engineer.

Lifting/Rigging Engineer bertanggung jawab menghitung beban, memilih crane, sling dan membuat strategi pengangkatan yang efektif, efesien & aman (lifting plan), sesuai prosedur dan aturan nasional & international. Dalam pekerjaannya ia akan dibantu oleh Lifting Supervisor, Rigger, Crane Operator & Signal Man.

Posisi Lifting/Rigging Engineer sangat strategis dalam fase konstruksi kilang minyak, sehingga perusahaan migas, baik EPC maupun KKKS memberi kompensasi cukup besar kepada Lifting Engineer. Saat ini standar gaji pemula Lifting Engineer ada di kisaran Rp 11 Juta/bulan dan bila telah senior serta bersertifikat internasional, gaji Lifting Engineer dapat mencapai Rp 70-130 jt/bulan di Indonesia. Besarnya standar gaji ini  sesuai dengan  besarnya resiko yang dihadapi oleh Lifting Engineer, karena bila salah, taruhannya adalah kerugian jutaan dollar. Posisi ini dapat diisi oleh lulusan D3/S1 Teknik Sipil dan Teknik Mesin.

Untuk menjadi Lifting/Rigging Engineer, dapat diawali dengan mengikuti training yang kami selenggarakan.  Training ini tidak hanya belajar teori, tapi akan dibimbing agar anda dapat membuat dokumen Lifting Plan aman, efektif dan efesien sesuai prosedur internasional.  Keahlian ini akan jadi modal utama untuk melamar sebagai Yunior Lifting Engineer di sektor Migas/Petrokimia.

KLIK TRAININGNYA DISINI  : Training Lifting/Rigging Engineer

Setelah anda bekerja di perusahaan EPC/KKKS, umumnya perusahaan akan membiayai anda untuk mengambil sertifikat internasional Lifting Engineer baik dari LEEA, Wood atau OPITO untuk memenuhi syarat dari klien

APA YANG DILAKUKAN SETELAH TRAINING?

Motivasi anda untuk mengambil training tentu saja ingin mencoba mendapatkan karir di sektor migas. Berbekal ilmu saja tidak cukup, dan anda juga perlu lengkapi dengan langkah berikut :

1. Perbaiki CV anda

Kemampuan untuk mengerjakan job description tidak akan berguna bila perusahaan yang anda tuju tidak tahu bila anda mampu, untuk itu anda perlu tuliskan kompetensi tersebut dalam CV. Bila anda ikut training di tempat kami, kami akan bantu untuk merevisi CV anda agar terlihat lebih menarik bagi perusahaan migas.

2. Miliki Database Perusahaan Migas

Keahlian dan CV yang bagus, tidak akan berguna bila anda tidak tahu kemana harus melamar. Untuk itu anda perlu mengumpulkan sedikitnya 100 alamat perusahaan Migas. Untuk mengumpulkan 100 alamat ini tidak mudah, tapi kami akan berikan data ini bila training di tempat kami.