Blog

Karir MIGAS untuk lulusan SMA/SMK, nomor 4 paling mudah

Tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya lulusan SLTA masih bisa berkiprah di bidang migas. Dahulu saat penulis masih bekerja sebagai Structure Engineer di bidang migas, kira-kira 13 tahun, ternyata 40% rekan-rekan kerja adalah lulusan SMA/SMK, dan gajinya jauh lebih besar dibandingkan karir konservatif, perkiraan penulis sekitar Rp 15 s.d 30 juta/bulan. Beberapa dari mereka diterima kerja di luar negeri sebagai tenaga ahli (bukan TKI unskilled) di proyek Migas luar negeri dengan gaji sekitar 5000 USD/bulan.

Namun untuk masuk ke bidang migas, tidak bisa dengan ilmu kosongan dari lulusan SMA/SMK, tapi perlu ikut pelatihan keahlian migas, ada yang mahal, ada yang murah. Namanya untuk karir lebih baik, perlu pengorbanan, tabungkan saja itu uang rokok, pasti bisa. Mengapa untuk rokok kita rela beli, tapi untuk investasi ilmu demi masa depan mendadak pelit.

Berikut beberapa karir Migas untuk lulusan SLTA :

POSISI #1 – DRILLING CREW – ROUSTABOUT/OPERATOR LANTAI BOR

Tugas :
– Memelihara & memperbaiki peralatan bor
– Membantu pemasangan alat bor
– Membantu pemasangan pipa bor

Perlu pelatihan : YA
Lokasi Training : Cepu
Masa studi : 6 bulan
Biaya Training : Rp 25 juta
Biaya Sertifikasi SKK Migas : Rp 6 juta

Total Investasi : Rp 31 juta

POSISI #2 – WELDER

Tugas :
– Mengelas bangunan pengeboran & kilang minyak
– Mengelas pipa proses dan jalur pipa (pipeline)
– Pengelasan bawah air

Perlu pelatihan : YA
Lokasi Training : Sekolah Las Vanovan
Masa studi : 6 bulan
Biaya Training : Rp 18 juta
Biaya Sertifikasi SKK Migas : Rp 3 juta

Total Investasi : Rp 21 juta

POSISI #3 – WELDING INSPECTOR:

Tugas :
Memeriksa/menguji material/bahan/hasil las menggunakan teknik yang tidak merusak objek yang diperiksa (Non Destructive Test) dengan sinar X, radiografi dll.

Perlu pelatihan : YA
Lokasi Training : B4T Bandung
Masa studi : 6 bulan
Biaya Training : Rp 17 juta
Biaya Sertifikasi SKK Migas : Rp 5 juta

Total Investasi : Rp 22 juta

MENGAPA BIAYA TRAINING MIGAS MAHAL?

Biaya training Migas memang mahal karena investasi lembaga training untuk membeli alat praktek sangat tinggi. Selain itu, setelah training, anda wajib mengikuti ujian sertifikasi oleh SKK MIGAS yang cukup mahal, dimana sertifikat dari SKK MIGAS adalah syarat mutlak untuk melamar kerja di Migas.

POSISI #4- PIPING DRAFTER

Sejauh pengetahuan penulis, training migas yang paling murah adalah training Piping Drafter, hanya sekitar Rp 5 jutaan, lebih murah dibanding kursus 3 profesi di atas yang sampai 20 jutaan. Biaya training Piping Dafter yang Rp 5 juta kira-kira sama lah dengan uang rokok (Rp 15.000 x 365 hari = Rp 5.475.000). Bila anda/orang tua anda bisa membeli rokok, pasti mampul membayar kursus ini, tidak perlu bikin alasan anda orang ga mampu, tinggal pindahkan saja jatah rokoknya untuk kursus demi masa depan.

Di perusahaan Migas, Piping Drafter bertugas menggambar sistem perpipaan menggunakan AutoCAD untuk pengeboran minyak kayak gambar di bawah ini.

Secara karir, prospeknya sangat lumayan, walau gaji awal tidak jauh dari UMK, tapi di tahun ke 5 dimana anda sudah menjadi PIPING DESIGNER, standar gajinya sudah bisa di angka 12-15 jutaan/bulan. Di lingkungan drafter, gaji Piping Drafter mungkin masih paling tinggi dibanding drafter arsitektur, interior atau konstruksi yang di tahun ke 5 masih di kisaran 6 jutaan.

Gaji piping drafter di migas bisa besar karena nilai proyek migas sangat besar, bisa sampai 900 juta dollar, jadi alokasi gaji untuk pekerja pun bisa besar, berbeda dengan proyek arsitek/konstruksi yang nilainya tidak sebesar proyek membangun kilang minyak sehingga alokasi dana untuk gaji drafter menjadi kecil, padahal kerjanya jauh lebih berat(kadang di suruh hitung meterial, supervisi sampe nagih juga kadang..)

Profesi Piping Drafter memiliki masa depan yang cerah, setelah 8 tahun masa kerja dan berbahasa Inggris yang baik, terbuka berkesempatan bekerja di pusat industri Migas dunia seperti Uni Emirat, Qatar, Malaysia, Brunei, Norwegia dengan gaji USD 6.000 – 12.000/bulan.

Dari pengalaman pribadi, saat ini ada 7 saudara penulis yang berhasil penulis arahkan menjadi Piping Drafter karena orangtuanya tidak sanggup untuk membiayai kuliah, alhamdulillah sekarang udah kerja di Migas dengan gaji di atas 15 jutaan. Terakhir adalah 2 putra dari driver setia penulis kini sudah bekerja di Migas sebagai piping drafter di proyek Migas, alhamdulillah saat ini sudah bisa membantu renovasi dan membuat rumah kontrakan untuk dikelola orang tuanya.

Untuk menjadikan mereka berhasil, diperlukan trik khusus karena umumnya anak-anak lulusan SMA/SMK sangat lugu-lugu, hijau dan tidak tahu bagaimana cara melamar ke perusahaan migas, berikut langkahnya.

Langkah 1 – Ajari Keahliannya

Perusahaan Migas bukan lembaga amal, mereka tidak akan menerima anda karena faktor kasihan, mereka akan menerima orang yang bisa membuat mereka untung karena memiliki keahlian seperti yang mereka inginkan. Untuk itu mereka saya latih menggambar sistem perpipaan sampai memenuhi standar yang perusahaan Migas inginkan.

Langkah 2 – Bantu Perbaiki CV nya

Walau anda sudah jago gambar, tidak akan pernah dipanggil perusahaan migas bila CV nya alakadarnya, penulis ajarkan bagaimana membuat CV yang membuat perusahaan Migas tertarik mereka.

Langkah 3 – Suplai Database Perusahaan Migas

Keahlian yang mumpuni dan CV yang bagus akan percuma bila anda tidak tahu kemana harus melamar, saya memiliki punya database lebih dari 100 perusahaan Migas yang butuh piping drafter, saya berikan untuk mereka.

Langkah 4 – Info Kisi-Kisi Test

Akan lebih baik kalo anda bisa memperkirakan apa yang di test saat interview, saya punya kisi-kisi testnya dan adik-adik bimbingan saya fokuskan untuk berlatih soal itu.

Langkah 5 – Ajarkan Teknik Menghadapi Interview

Ini fase yang paling kritis, walau anda sudah lolos di langkah 1 s.d 4, tapi bila pewawancara tidak suka dengan gaya anda, misal tampang anda tengil, keliatan pengeluh, peragu, kepedean, tidak akan berhasil gan. Pewawanca adalah manusia biasa yang bisa memiliki rasa suka atau tidak suka terhadap penampilan anda.

Untuk itu, saya ajarkan bagaimana cara memberikan kesan pribadi positif saat wawancara, mulai dari cara berbusana, salaman, menyapa, menjawab, teknik penutupan dll.

Alhamdulillah, berkat ijin Allah disertai tekad kuat adik-adik bimbingan yang mau melakukan 5 tahap ini, cara ini telah mengantar banyak lulusan SLTA meraih karir impiannya di perusahaan Migas sebagai Piping Drafter. Saya percaya, secara bertahap namun pasti, mereka akan mencapai posisi Piping Designer dan mencapai karir dan kehidupan yang mapan.

Semua langkah di atas,  kini saya kemas dalam pelatihan KURSUS PIPING DRAFTING PLUS(klik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *